Cara Memperbaiki Metabolisme Tubuh

Agar sistem metabolisme tubuh meningkat dan aktivitas yang kita lakukan sehari-hari dapat dilakukan dengan lebih baik, ada beberapa cara yang bisa lakukan. Seperti kami kutip dari Life Mojo, ada beberapa langkah sederhana agar metabolisme tubuh kita semakin membaik yaitu:

1. Bangun pagi
Sinar matahari pagi baik bagi kesehatan Anda. Selain itu dengan bangun pagi kita akan lebih bersemangat, menikmati transisi dari tidur di waktu malam dengan lebih nyaman sekaligus memperkuat tulang. Vitamin D yang ada di sinar matahari pagi membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Ini tak hanya memperkuat tulang Anda tapi juga memperbaiki metabolisme tubuh.

2. Olahraga
Tahukah Anda, dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga bisa meningkatkan kemampuan metabolisme kita sebanyak 10 persen dalam waktu 12 pekan saja? Dengan membangun otot dalam tubuh berarti lebih banyak pula lemak yang dibakar. Jika Anda tak sempat berolahraga ke gym atau pusat kebugaran, Anda bisa melakukan yoga, berjalan cepat atau aneka aktivitas olahraga lain di rumah. Lakukan aktivitas olahraga ini setidaknya selama 15 hingga 20 menit setiap harinya agar metabolisme kita menjadi lebih baik.

3. Sarapan pagi
Melakukan sarapan pagi juga penting untuk memperbaiki metabolisme. Saat Anda bekerja baik itu di kantor atau di rumah, tanpa melakukan sarapan lebih dulu, maka tubuh kita akan menguras cadangan tenaga tapi tanpa membakar kalori dalam tubuh. Kondisi ini terjadi karena tubuh kita tak makan selama delapan hingga 10 jam saat tidur. Padahal cadangan energi dalam tubuh dapat turun hingga 80 persen. Dengan mengonsumsi sarapan yang sehat serta bernutrisi amat penting untuk memompa metabolisme tubuh sepanjang hari.
Masukkan unsur karbohidrat kompleks seperti havermut, daging, vitamin C, antioksidan dalam sarapan Anda sehingga metabolisme yang baik bisa kita dapatkan sepanjang hari.

4. Tinggalkan tempat duduk Anda
Bagi Anda yang bekerja di belakang meja, usahakan menghindari duduk di posisi yang sama dalam waktu yang lama. Cobalah berjalan ke printer, mesin faks atau berbincang-bincang dengan rekan kerja misalnya untuk meningkatkan metabolisme tubuh, ini karena duduk diam dalam waktu yang lama akan menurunkan tingkat metabolisme. Lakukan aktivitas fisik yang meningkatkan denyut jantung untuk menyegarkan metabolisme tubuh.

5. Nikmati makanan ringan di pagi hari
Cobalah membiasakan diri menikmati makanan ringan yang menyehatkan saat pagi. Ada keuntungan mengonsumsi makanan ringan dengan cara ini, yaitu mencegah Anda makan banyak saat makan siang dan meningkatkan metabolisme tubuh. Anda dapat memilih popcorn tanpa garam, kue oatmeal, jagung kukus, dan lain-lain.

Sumber:Life Mojo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: