Cara bersedekah yang baik

Dalam tulisan ini saya akan membahas bagaimana cara bersedekah yang baik dan apa saja hal – hal yang harus dilakukan agar sedekah kita dapat bermanfaat.

1.Sedekah yang terbaik.

Berikanlah sedekah yang terbaik, terbaik itu tidak harus baru. Firman Allah : “ Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah ( di jalan Allah ) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya, dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” ( QS. Al-Baqarah : 267 ).
 
2. Ikhlas dalam bersedekah.
Apa yang kita sedekahkan, sesungguhnya adalah menyampaikan hak orang lain yang terdapat atau dirtitipkan melalui harta kekayaan kita, karena itu ikhlas hati dan jiwa memberikan hak orang lain dan yakin bahwa Allah SWT akan menggantinya. Jangan menyesali apa yang telah anda berikan.
 
3. Rutin dan Istiqomah
Bersedekah tidak harus dalam jumlah banyak, yang penting rutin dan istiqomah.Akan tetapi lebih baik dikerjakan secara istiqomah, tetapi itu sesuai dengan kadar kemampuan. Firman Allah artinya : “Allah SWT tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala dari kebajikan yang diusahakan.” ( QS. Al-Baqarah : 286 ).
 
4. Mulailah dengan yang terdekat.
Firman Allah yang artinya : “Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan.” Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya.” ( QS. Al-Baqarah : 215 ).
Nafkah atau sedekah yang paling utama kita berikan adalah kedua orang tua ketika mereka telah tua, tidak dapat berusaha, tenaga sudah lemah, mereka hanya menunggu uluran bantuan baik materi maupun non materi. Setelah orang tua, keluarga tertama anak isteri, nafkah untuk keluarga, doa seluruh keluarga senantiasa menaungi.
 
5. Sedekah yang diberikan dengan tidak membeda-bedakan.
Hidup ini adalah penuh dengan keragaman, dalam bersedekah, sekali kita menemukan seseorang membagikan bantuan atau seumbangan atas dasar golongan, kelompok, atau atas dasar organisasi tertentu atau ada juga atas dasar kepentingan politik dan ekonomi. Sedekah yang anda berikan dengan tujuan kemanusiaan dan keagamaan, maka janganlah membeda – bedakan siapa penerima sedekah yang penting dalam Islam dia termasuk golongan fakir miskin atau Ibnus sabil, mereka itu adalah manusia – manusia yang berhak menerima sedekah.
 
Firman Allah : “Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan ( sebagian harta ) yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. “ ( QS. Ali-Imran : 92 ) .
 

Sampingan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: