Daftar Pustaka dan Kutipan

A. Daftar Pustaka

Daftar Pustaka ialah halaman yang berisikan  sumber – sumber referensi yang kita pakai untuk suatu tulisan maupun karya tulis ilmiah yang digunakan untuk memperjelas pembaca dari mana sumber penulisan tersebut. Daftar Pustaka biasanya berisi judul buku – buku, artikel – artikel, dan bahan – bahan penerbitan lainnya, yang berhubungan dengan sebuah karangan, contohnya: tesis.

Berikut adalah tata cara penulisan Daftar Pustaka :

  1. Dalam menuliskan nama pengarang di dalam daftar pustaka kita harus menuliskan nama belakang di depan dan diikuti tanda koma. Contoh : Titus Bonai menjadi Bonai,  Titus.
  2. Jika  ada nama belakang yang bagian akhirnya berupa singkatan tidak diletakkan di bagian depan. Contohnya :  Ahmad Syaiful H menjadi Syaiful H, Ahmad.
  3. Nama yang mencantumkan gelar tradisi, maka nama yang diletakkan di depan dalam pembalikan adalah nama yang tercantum setelah gelar.
  4. Nama yang mencantumkan kata bin atau binti, maka yang dicantumkan di depan dalam penulisan daftar pustaka adalah nama yang tercantum setelah kata bin atau binti tersebut.

Dalam penulisan daftar pustaka kita juga harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

  • Daftar pustaka disusun berdasarkan urutan alfabet, berturut-turut dari atas ke bawah, (1,2,3, dan seterusnya).
  • Cara penulisan daftar pustaka :

*Tulis nama pengarang, nama pengarang bagian belakang ditulis terlebih dahulu, baru nama depan.

*Tulislah tahun terbit buku. Setelah tahun terbit diberi tanda (.).

*Tulislah judul buku dengan diberi garis bawah atau tulis dengan cetak miring. Setelah itu judul buku diberi tanda  (.).

*Tulislah kota terbit dan nama penerbitnya. Diantara kedua bagian itu diberi tanda titik dua (:). Setelah nama penerbit diberi tanda titik(.).

*Apabila digunakan dua sumber pustaka atau lebih yang sama pengarangnya, maka sumber dirilis dari buku yang lebih dahulu terbit, baru buku yang terbit kemudian. Di antara kedua sumber pustaka itu dibutuhkan tanda garis panjang.

B. Kutipan

Kutipan adalah pengulangan satu ekspresi sebagai bagian dari yang lain, terutama ketika ekspresi dikutip terkenal atau eksplisit dihubungkan dengan kutipan ke sumber aslinya, dan ditandai oleh tanda kutip.

Ada 2 jenis kutipan yaitu :

Kutipan langsung

Kutipan langsung harus sama dengan aslinya, baik mengenai susunan kata-katanya, ejaannya maupun mengenai tanda bacanya. Kutipan harus merujuk dengan jelas tahun dan halaman yang dikutip. Apabila ada bagian dari kalimat yang dipotong, maka bagian yang dipotong tersebut harus diganti dan diberi tanda ellipsis (…).

Kutipan TIdak Langsung

Kutipan tidak langsung adalah kutipan yang tidak sama persis kata-katanya atau kalimatnya dengan sumber aslinya.

Dalam membuat tulisan kita pasti sering mengambil atau mengutip dari tulisan orang lain, maka dari itu perlu kita tahu bagaimana prinsip-prinsip yang benar dalam mengutip dari tulisan orang lain. Diantaranya adalah sebagai berikut:

a. apabila dalam mengutip sebuah karya atau tulisan yang ada salah ejaan dari sumber kutipan kita, maka sebaiknya kita biarkan saja apa adanya seperti sumber yang kita ambil tersebut. Kita sebagai pengutip tidak diperbolehkan membenarkan kata ataupun kalimat yang salah dari sumber kutipan kita.

b.dalam kutipan kita diperkenankan menghilangkan bagian-bagian kutipan dengan syarat bahwa
penghilangan bagian itu tidak menyebabkan perubahan makna atau arti yang terkandung dalam sumber kutipan kita.

 

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Kutipan

http://riechell.wordpress.com/2011/09/29/daftar-pustaka-kutipan-dan-catatan-kaki/

http://a67532.wordpress.com/2011/01/09/kutipan-dan-daftar-pustaka/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: